Tinjau Ulang Izin Sawit

Tinjau Ulang Izin Sawit

217
0
SHARE

BULUNGAN, (WN) –  Elia Djalung Manurif, Komisi 11, Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bulungan mendesak supaya izin kelapa sawit perlu di tinjau ulang. Hal itu disampaikannya menyusul terjadinya banjir dan longsor yang mengancam keselamatan warga seperti kejadian di Tanjung Selor.

“Gundulnya hutan itu diakibatkan aktivitas perkebunan kelapa sawit, oleh sebab itu kata Elia perlunya peninjauan ulang atas izin perkebunan kelapa sawit supaya jangan sampai menelan korban jiwa di Tanjung Selor, ujar Elia kepada wartawan.

Hasil pantuan wartawan, keluarnya izin perkebunan sawit tersebut diduga tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Contoh mengenai pembuatan jalan tidak sesuai dengan volume yang tertera dalam izin yang di maksud.

Perizinan pun di tenggarai terjadi penyalagunaan yang disinyalir berpotensi terjadinya banjir di daerah di bagian hulu Sungai Kayan, dimana di daerah itu sudah banyak terdapat perkebunan sawit yang saat ini aktif beraktivitas.

Di daerah itu juga ada penyalagunaan izin misalnya izin yang di terbitkan pemerintah tidak sama dengan pelaksanaan di lapangan. Luas area yang di tentukan melebihi dari luas area yang di garap pihak perusahaan.

Sehingga Elia lebih tegas mendesak Pemkab segera meninjau ulang izin perkebunan kelapa sawit tersebut. Pengusaha perkebunan kelapa sawit yang lagi melakukan kegiatan di daerah ini ada yang kurang perduli dengan faktor keadaan lingkungan. sehingga hutan daerah ini sudah sebagian besar gundul, sulit menyerap air dan menimbulkan banji (AR)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY