Tiga Bhiku Asal Thailand Hadiri Perayaan Hari Trisuci Waisak 2559 Di Brahma...

Tiga Bhiku Asal Thailand Hadiri Perayaan Hari Trisuci Waisak 2559 Di Brahma Vihara Arama Banjar Singaraja-Bali

463
0
SHARE

SINGARAJA, (WN) – Ratusan Umat buddha dari berbagai daerah di Bali,menghadiri perayaan puncak Hari Trisuci waisak di Brahma Vihara Arama kecamatan Banjar Kab.Buleleng-Bali. Acara tersebut berlangsung dengan hikmah,aman dan damai. Sejumlah aparat dari Kepolisian Polres Buleleng dan Polsek Banjar turut hadir dan membantu guna untuk mengatur lalulintas dijalan raya dan kendaraan yang keluar masuk menuju brahma Vihara.

Pemimpin perayaan Trisuci Waisak Padinda Putu Mariada kepada  Harian WartaNasional mengatakan, acara perayaan tersebut di mulai pada pukul 17:00 wita, dengan dihadiri 5 Bhiku, tiga Bhiku dari Thailand satu Samanera dari Myanmar dan satu lagi dari Brahma Vihara Arama.

Dalam perayaan Hari Trisuci Waisak 2559 acara tersebut di awali dengan mengelilingi Stupa sebanyak tiga kali sebagai bentuk menghormatan kepada Sang Buddha,yang diikuti oleh Bhiku, Sangha, dan umat Buddha yang hadir dalam acara perayaan Trisuci Waisak di Brahma Vihara Arama, yang beralamat di Banjar Tegeha, kec.Banjar Kabupaten Buleleng-Bali.

biku2

Setelah mengelilingi stupa sebanyak Tiga kali,kemudian dilanjutkan dengan Puja Bakti yang di awali dengan menyalakan lilin serta membakar Dupa yang dilakukan oleh Bhiku Sangha,selanjutnya pemujaan Paritta Nammacarapata,Puja Kata,Pancasila Aradana yang di bimbing oleh Yang Mulia Javata Panyo.dilanjutkan dengan buddhanusatti,Dammanusati,Sanghanusati,Sanca Triagata.kemudiam dilanjutkan pembacaan Waicaka Puja Punami Kata,dan langsung diterjemahkan oleh pembibing Puja bakti.

Selanjutnya Meditasi untuk mengenang dan menyongsong detik-detik perayaan Trisuci waisak 2559 yang dipimpin oleh Yang Mulia Javata Panyo,yang rencana akan dilangsungkan tengah malam,yaitu pada pukul, 00:18 wita.yang diikuti oleh semua Umat Buddha yang hadir dalam perayaan ini,setelah meditasi dilanjutkan dengan persembahan aneka Puja secara simbolis,bagi kaum laki orang tua diwakili oleh INyoman Nare selaku daya nasabba Vihara,sedangkan kaum wanita khususnya para ibu-ibu diwakili oleh Marga.

 Dan terakhir adalah pemercikan Tirta Parita, yaitu suatu pemberkahan setelah melakukan perbuatan baik dan untuk menyongsong dihari depan.Demikian perayaan Hari Trisuci waisak 2559 yang di Rayakan di Brahma Vihara Arama.Kabupaten beleleng Bali.(KSN)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY