Sudah Tunjuk Satu Nama Calon Wakapolri

Sudah Tunjuk Satu Nama Calon Wakapolri

145
0
SHARE

JAKARTA, (WN) – Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) telah mengantongi satu nama calon wakapolri.  Nama itu muncuk sejak Jumat, pekan lalu.

“Sudah ada (sejak Jumat),” kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015).

Nama calon wakapolri sudah disetujui Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Namun, menurut Budi, nama tersebut masih dirahasiakan. “Wanjakti sudah putuskan satu nama, nanti yang mengumumkan Pak Kapolri,” ujarnya.

Selama persidangan Wanjakti tidak ada perdebatan. Semua berjalan lancar. Calon tersebut terpilih secara aklamasi. “Pokoknya enggak pakai alot. Begitu Pak Kapolri menentukan A, kami ikut A,” ujarnya.

Menurut dia, ada tiga jenderal bintang dua dan satu jenderal bintang tiga tidak hadir dalam sidang Wanjakti. Namun, tak menghalangi Wanjakti untuk memutuskan calon wakapolri.

“Kan bisa ditelepon, semua sudah dihubungi,” tegas alumnus Akademi Kepolisian 1984 ini.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, tergantung hasilnya nanti yang direkomendasikan Wanjakti, Bisa saja dua nama, bisa saja satu nama,” kata Badrodin di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/4).

Badrodin menambahkan, Wanjakti baru menggelar sidang hari ini. Sidang itulah yang menentukan siapa yang akan menduduki kursi Wakapolri. Sebagai Kapolri, Badrodin menyerahkan sepenuhnya sosok wakilnya kepada Wanjakti.

“Insyaallah hari ini,” ucapnya.

Badrodin mengatakan semua polisi aktif yang berpangkat komisaris jenderal atau bintang tiga dimajukan untuk jadi calon Wakapolri. Nama-nama itulah yang dipertimbangkan Wanjakti. Sekadar untuk diketahui, saat ini ada delapan komjen aktif.

Lima di Mabes Polri, tiga lainnya bertugas di lembaga lain. Mereka adalah Kelemdikpol Komjen Budi Gunawan (lulusan Akpol 1983), Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno (1984), Kabareskrim Komjen Budi Waseso (1984), Kabaintelkam Komjen Djoko Mukti Haryono (1981) dan Irwasum Dwi Priyatno (1982).

Sementara tiga jenderal bintang tiga yang bertugas di lembaga lain adalah Kepala BNN Komjen Anang Iskandar (1982), Kepala BNPT Komjen Saud Usman Nasution (1981) dan Sekretaris Utama Lemhannas Komjen Suhardi Alius (1985).

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) mengumumkan Budi Gunawan sudah ditetapkan sebagai Wakapolri oleh Wanjakti. Bahkan dia mengucapkan selamat untuk Budi Gunawan.

Menurut Neta, Budi Gunawan terpilih menjadi Wakapolri dalam rapat Wanjakti plus. Rapat beberapa hari lalu itu dihadiri seluruh polisi berpangkat Komjen dan Irjen serta para kapolda.

“Informasi yang diperoleh IPW dalam Wanjakti Plus itu internal Polri sangat solid. Semua jenderal yang ikut Wanjakti Plus menandatangani persetujuan Komjen Budi Gunawan menjadi Wakapolri, menggantikan Badroddin Haiti yang diangkat Presiden menjadi Kapolri,” kata Neta.  (Boy)

 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY