Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Bongsu Pasaribu Akan Dibuka di Sorkam Barat

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Bongsu Pasaribu Akan Dibuka di Sorkam Barat

199
0
SHARE

BONGSU
SIBOLGA, (WN) – Untuk menggenang jasa jasa Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia, Komandan Kesatuan Harimau Mengganas Tapanuli, Kapten Bongsu Pasaribu.

Masyarakat Tapanuli Tengah (Tapteng) bergotong-royong mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Bongsu Pasaribu yang akan dibuka di Sorkam Barat. Rencananya, perguruan tinggi tersebut akan menerima mahasiswa baru tahun 2014. Demikian diutarakan salah seorang pendiri Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Bongsu Pasaribu, Risman Pasaribu kepada wartawan, Minggu (18/8).

Menurut Risman, dibukanya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Bongsu Pasaribu untuk mendukung program Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang di dunia pendidikan. Kemudian mencerdaskan anak bangsa, membantu masyarakat ekonomi lemah agar dapat kuliah karena dapat dijangkau dan letaknya lebih dekat.

Pembukan sekolah tinggi itu juga menjawab keinginan masyarakat terhadap adanya perguruan tinggi di Sorkam dan memakai nama pejuang kemerdekaan. Apalagi tingkat kelulusan pelajar dari Sorkam mencapai ribuan orang per tahun. “Jadi karena dasar itulah kami para pemerhati dunia pendidikan sepakat untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang nantinya dapat terjangkau,” ujar Risman.

Dia menjelaskan, nama Bongsu Pasaribu diambil dari nama pejuang yang telah berjasa di Republik Indonesia khususnya Sorkam. “Atas kesepakatan dan keinginan kuat para putra daerah, kita sepakat mengambil nama pejuang kemerdekaan itu sekaligus untuk mengenang jasa beliau,” tuturnya.

Tokoh pendiri Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Bongsu Pasaribu adalah Biller Pasaribu, Kepala SMA Negeri 1 Sorkam Barat Junaedy Pohan, Camat Sorkam Barat Jhonny Aritonang, Risman Pasaribu, tokoh masyarakat A Hutaglung, lurah dan kepala desa serta sejumlah tokoh pemuda lainnya.

Dia menambahkan, saat ini persiapan yang sudah dilakukan adalah penentuan gedung pakai yaitu gedung SMK Bina Warga. Lokasi ini cukup strategis karena berada di pinggir jalan negara. Kemudian perlengkapan administrasi yang sedang dalam pembenahan termasuk membuat permohonan izin belajar kepada Kopertis dan penentuan jurusan yang bakal dibuka nantinya.

“Saat ini kita juga sudah merangkul empat guru besar dan 12 dosen yang akan menjadi tenaga pengajar di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Bongsu Pasaribu. Semoga tahun ajaran baru nanti kita sudah buka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru. Kami juga berharap dukungan dari berbagai pihak yang nantinya dapat menjadi acuan terselenggaranya Perguruan Tinggi Bongsu Pasaribu di Sorkam Barat,” ungkapnya.

Kepala SMAN 1 Sorkam Barat Junaedy Pohan mengatakan, dengan berdirinya perguruan tinggi di Sorkam Barat akan membuka peluang bagi perekonomian daerah tersebut. “Dengan bertambahnya jumlah mahasiswa nantinya akan membuka peluang besar di daerah ini baik dari segi ekonomi dan kemajuan daerah. Kalau saat ini anak-anak kita dari Sorkam masih berangkat kuliah keluar dari Sorkam, tentu akan membawa uang dari Sorkam keluar daerah.

Itu kalau dinilai dari ekonomi. Jadi kita sangat mendukung dibukanya perguruan tinggi Bongsu Pasaribu di Sorkam Barat yang nantinya dapat mencetak generasi muda serta menjadi satu kebanggaan bagi wilayah kita ini,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Camat Sorkam Barat Jhonny Aritonang. Jhonny menuturkan, salah satu bentuk kemajuan satu daerah yakni dengan adanya sekolah seperti SMA, SMK dan SLTA sederajat lainya. Ini juga dapat mendukung berdirinya perguruan tinggi di Sorkam Barat. “Kami sebagai pemerintah kecamatan sepenuhnya mendukung berdirinya perguruan tinggi Bongsu Pasaribu di Sorkam Barat,” katanya. (gideon)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY