Ribuan Polisi Tangerang Amankan Pilkades

Ribuan Polisi Tangerang Amankan Pilkades

135
0
SHARE

TANGERANG, (WN) – Polresta Tangerang, Banten, menurunkan sebanyak 2.200 petugas pengamanan gabungan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang tersebar pada 78 desa pada 14 Juli 2015. Polisi juga dibantu aparat TNI dan Satpol PP dalam pengamanan Pilkades serentak pada 26 kecamatan tersebut. “Para calon kepala desa diharapkan tidak memprovokasi warga supaya berlangsung aman dan damai,” kata Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Irfing Jaya di Tangerang, Jumat (20/3).

Dalam paparan pengamanan dihadapi para Babinsa dan aparat terkait lainnya, Irfing menyebutkan calon kepala desa harus memberikan pengarahan dan pengertian kepada pemilih. Bagi yang membuat onar saat Pilkades, katanya, pihaknya tidak segan untuk bertindak dan menyeret pelaku ke meja hijau.

Menurut Irfing, petugas pengamanan harus siaga di desa masing-masing dan memantau situsi dan kondisi sekitar. Bila ada yang melakukan tindakan anarkis akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Pihaknya juga mendapatkan tambahan pengamanan dari aparat Polda Metro Jaya agar Pilkades berjalan dengan aman dan kepala desa terpilih sesuai pilihan warga.

Pemkab Tangerang mengeluarkan dana sebesar Rp10,49 miliar berasal dari APBD 2015 untuk Pilkades tersebut.Namun pelaksanaan Pilkades berpatokan pada Perbup No.79 Tahun 2014 dan Keputusan Bupati No.140/Kep131-HUK/2015 tentang Penetapan Pelaksanaan Pilkades Serentak. (PAS)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY