Rangkaian HUT RI Ke-69 KANPORA GELAR LOMBA GERAK JALAN

Rangkaian HUT RI Ke-69 KANPORA GELAR LOMBA GERAK JALAN

133
0
SHARE

KARIMUN, (WN) – Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Kantor Pemuda Olah Raga (Kanpora), menggelar beragam lomba gerak jalan, Sabtu (23/8) di Coastal Area. Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI ke-69 di Karimun ini, dibagai dalam tiga kategori, masing-masing kategori 10 kilometer (Km) dan 17 kilometer untuk umum dan khusus 8 kilometer untuk anak usia SD dan SMP.
Khusus untuk kategori 8 Km, digelar pada Minggu pagi (24/8) sekitar pukul 07.30 WIB dengan diikuti oleh 220 regu. Dengan rincian peserta SD tingkat putra 118 regu, dan putri 61 regu. Sementara untuk kategori pelajar SMP tingkat putra 54 regu, dan putri 48 regu.

Untuk lomba gerak jalan 10 Km dan 17 Km, sedikitnya ada 142 regu ikut berpatisipasi. Secara rinci, untuk gerak jalan 10 Km diikuti khusus regu pelajar putri dan umum sedangkan 17 Km diikuti pelajar putra dan umum. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB mengambil beberapa rute sedangkan peserta khusus 10 Km melintasi jalan Coastal Area sampai ujung aspal lalu berputar kembali menuju panggung utama Coastal Area.

Untuk regu jarak tempuh 17 Km melewati rute dimulai dari star Panggung Utama Coastal Area, menuju Jalan Nusantara, lurus ke Jalan Ahmad Yani masuk ke jalan sekitar pemukiman Telaga Harapan tembus ke Jalan R Usman menuju RSUD berbelok ke Jalan Poros masuk ke jalan samping SPBU menuju Kampung Harapan. Kemudian melewati Mentari Klasik menuju Jalan Raya Tebing masuk ke Jalan Bukit Slemah tembus ke pinggir laut Jalan Coastal Area dan menuju garis finish di Panggung Utama Coastal Area.

Sekda Karimun TSArif Fadillah yang melepas secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, olah raga di Kabupaten Karimun dari tahun ke tahun mengalami perkembangan dan kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini tentunya merupakan modal utama dalam keikutsertaan mendukung pembangunan dari berbagai aspek termasuk olah raga.

“Dari kegiatan ini diharapkan agar menjadi landasan transformasi dari nilai-nilai prestasi dan potensi olahraga. Yang nantinya bermuara kepada penguatan wawasan kebangsaan dan peningkatan kreatifitas terutama untuk generasi muda sebagai penerus pembangunan,” ucap Arif dalam sambutannya.

Sementara itu, Kakanpora Kabupaten Karimun, Umar mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan yang digelar tersebut adalah upaya untuk memberikan motivasi kepada pelajar dan masyarakat agar dapat menanamkan semangat nasionalisme kesatuan dan persatuan, serta mempunyai persamaan persepsi dalam mempertahankan eksistensi olah raga.

Adapun rincian dari 142 regu peserta lomba gerak jalan antara lain adalah pelajar SMA tingkat putra 46 regu, dan putri 35 regu total 91 regu. Sedangkan peserta Umum tingkat putra 37 regu, dan putri 14 total 51 regu.

Sementara di Kundur, kegiatan serupa juga turut mewarnai sempena perayaan HUT RI ke-69 dengan kategori, gerak jalan 4 Km, gerak jalan 8 Km, 17 Km dan 45 Km. Lomba akan diawali untuk gerak jalan 17 Km peserta putra, yang rencananya pada hari ini, Senin (25/8).

Kemudian besok, Selasa (26/8) untuk katagori 8 Km peserta Putri, selanjutnya Rabu (27/8) untuk katagori 4 Km tingkat SD Putra Putri dan terakhir Sabtu (30/8) untuk katagori 45 km yang akan dilaksanakan pada malam harinya. Dengan mengambil star dan finis di lapangan Balai Pemuda, Seni dan Budaya Tanjungbatu Kota.

Ketua Panitia HUT RI Ke-69 Kecamatan Kundur, M Amriansyah mengatakan, lomba gerak jalan tersebut memiliki makna strategis, yaitu sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk menggelorakan dan menumbuhkembangkan jiwa dan semangat kejuangan kebangsaan dalam jalinan persatuan dan kesatuan.

“Disamping itu, merupakan momentum tepat untuk merenungkan kembali eksistensi, peran, tugas dan tanggungjawab kita dalam proses pembangunan, seraya melakukan evaluasi dan introspeksi tentang seberapa besar kontribusi yang telah kita berikan dalam mengisi kemerdekaan ini, melalui karya dan pengabdian bagi kemajunan daerah bumi berazam ini sesuai tugas dan tanggunjawab masing-masing,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kacabjari Tanjungbatu, Kundur.

Amriansyah juga menambahkan, melalui kegiatan ini hendaknya akan semakin menumbuhkan kesadaran kejuangan seperti yang telah dibhaktikan oleh para pejuang bangsa dalam merebut kemerdekaan ini dari kaum penjajah. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan itu berkat partisipasi dari semua elemen masyarkat Kundur, serta sejumlah donatur yang turut membatu terlaksanya kegiatan ini. Kegiatan ini juga sebagai bentuk hiburan untuk masyarakat Kundur. (ROGANDA.P)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY