PT Alpindo Mitra Baja dan Koperasi Bina Usaha Digeledah

PT Alpindo Mitra Baja dan Koperasi Bina Usaha Digeledah

676
0
SHARE

BANDUNG, (WN) – Tim penyidik dari Subdit III Tindak Pidana Korupsi Polda Jawa Barat terus mengembangkan pengusutan kasus dugaan manipulasi kredit pinjaman Bank Jabar Banten cabang Sukabumi senilai Rp 38,7 miliar. Untuk melengkapi berkas penyidikan, dua lembaga penerima bantuan pinjaman digeledah pada, Selasa (17/2/2015).

Kedua lembaga yang digeledah itu yakni Koperasi Bina Usaha Sukabumi di Jalan Raya Karang Tengah Cibadak Kabupaten Sukabumi dan PT Alpindo Mitra Baja di Jalan Siliwangi, Cibatu Kota Sukabumi. Dua lembaga itu menerima pinjaman kredit dari BJB Sukabumi pada tahun 2012.

Diungkapkan Kabid Humas Polda Jawa Barat Sulistyo Pudjo Hartono melalui Kasubdit III Tipikor Polda Jawa Barat Yayat Popon Ruhiat saat dikonfirmasi, penggeledahan tersebut dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Dalam penggeledahan itu, pihaknya menerjunkan beberapa penyidik untuk memeriksa dan mengumpulkan beberapa dokumen yang berkaitan dengan pengajuan pinjaman kredit tersebut.

“Penggeledahan ini untuk melengkapi dokumen pemeriksaan terkait dugaan tindakan korupsi yang sedang kami tangani. Penggeledahan kami fokuskan ke beberapa ruangan di dua lembaga pengaju pinjamanan untuk memeriksa dan mengumpulkan dokumen-dokumen pinjaman,” ungkap Yayat.

Dijelaskan Yayat, modus operandi dalam dugaan tindak pidana korupsi tersebut yaknidalam proses pemberian kredit ini diduga tidak melalui prosedur yang benar. Selain itu, dalam pengajuan persyaratan kreditnya pun diduga tidak sesuai fakta.

“Iya diduga ada manipulasi dalam pengajuan persyaratan pinjaman ini. Kami juga menduga, setelah pinjaman ini cair, bantuan yang seharusnya dinikmati para pelaku usaha kecil yang memerlukan modal usaha, diduga tidak sampai ke sasaran penerima,” ungkap Yayat. (Sitorus)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY