Pilkada Serentak 8 Kabupaten/Kota di Jabar

Pilkada Serentak 8 Kabupaten/Kota di Jabar

200
0
SHARE

BANDUNG, (WN) – Jumlah daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di tanah air pada 2015 bertambah menjadi 272. Terjadi penambahan dari sebelumnya, yakni 204, karena sebagian daerah yang kepala daerahnya berakhir masa jabatannya pada Januari hingga Juni 2016 juga diikutkan pada pilkada serentak gelombang pertama ini.
Sementara untuk pemilihan kepala daerah di Provinsi Jawa Barat diikuti oleh 8 Kabupaten/kota, sesuai Perpu Nomor 1 Tahun 2014. Adapun di Jabar daerah yang menggelar Pilkada serentak yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Ada 8 daerah di Jabar yang akan menggelar Pilkada serentak, waktunya sudah dipastikan Desember, tapi tanggalnya belum ditentukan,” kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, Kamis (19/2).

Dari 8 daerah yang sudah siap menggelar pemilihan langsung, 5 daerah yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran masa jabatan pemimpinnya habis pada 2015 ini.

Sedangkan Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya masa jabatan pemimpinnya berakhir pada semester pertama 2016 mendatang. “Tapi tidak masalah 8 kabupaten/kota di Jabar sudah siap menyelenggarakan pilkada,” ungkapnya.

Sebab lanjut dia, sesuai Pasal 201 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 disebutkan pemungutan suara yang digelar Desember tahun ini memang dilakukan untuk pemerintah yang masa jabatannya habis pada 2015 dan semester awal 2016.

Dia menambahkan, akan memanfaatkan 10 bulan waktu tersisa untuk mempersiapkan Pilkada serentak ini. Dari 8 yang sudah siap secara keseluruhan menurut dia, hanya Cianjur yang belum siap secara materi.

“Saya kira sekarang cuma anggaran saja dan itu Cianjur. Kalau yang 7 daerah sudah ready,” ungkapnya.

Tapi KPU Jabar optimis Cianjur yang juga masa jabatan kepala daerahnya habis pada 2016 akan bisa melibatkan dengan 7 kabupaten/kota di Jabar. “Saya yakin bisa. Yang penting sekarang 8 KPU di kabupaten/kota bersinergi, dengan KPU Jabar,” tandasnya. (Sitorus)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY