Peran Kepala Sekoah Sebagai Teladan

Peran Kepala Sekoah Sebagai Teladan

265
0
SHARE

MAKASSAR, (WN) – Dalam suatu lingkup pembelaiaran di Sekolah SDN 127 Inpres Moncongloe, Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros dengan proses belajar mengajar terhadap peserta didik cukup ketat. Hal itu disampaikan Kepala SDN 127 Moncongloe H. Muh. Amin Nur kepada wartawan.

Menurut Amir, untuk menjadi pemimpin harus mampu berbuat yang dapat di contoh prilaku dan tindakannya. Menjadi trend center atau intertainment di dalam pendidikan harus dapat dipertanggungjawabkan menjadi contoh utamanya di sekolah.

Kepala Sekolah harus memiliki manajemen yang bagus dapat menjadi contoh bagi bawahan serta menjadi orang yang terdepan, tauladan dan segala perilakunya yang positif dapat ditiru oleh bawahan serta lingkup kerja dalam hal ini guru, peserta didik dan staf.

Seorang Kepala sekolah disegani oleh bawahan jika perilakunya dapat kita tauladani dengan sendirinya para Guru akan segan dan menjadikan Kepala Sekolah contoh baik untuk ditiru meskipun hal ini sulit dan butuh waktu untuk melakukannya baik dalam perilaku, tutur kata maupun pribadinya.

Di dalam sekolah, Kepala Sekolah ibarat Intertainment atau artisnya sehingga segala yang dilakukan akan menjadi pembicaraan yang dapat dijadikan contoh dan disinilah Kepala Sekolah harus memiliki sifat yang layak dijadikan contoh dan tidak sembarangan dalam mengambil keputusan, ujar Amir.

makassar 3

SDN 127 Inpres yang terletak bagian selatan Kota Maros berbatasan dengan Kabupaten Gowa lebih dekat dari Kota Makassar yang mana Kepala Sekolah harus mampu melakukan tindakan perfeksional atau sempurna dan di harapkan mampu cekatan dalam pengambilan Keputusan misalnya Kepala Sekolah datang setiap pagi sebelum siswa atau Guru datang, maka apabila ada Guru yang terlambat, besoknya akan memperbaiki diri karena segan dengan H. Muh. Amin Nur selaku Kepala Sekolah.

Kepemimpinan H. Muh. Amin Nur merupakan motor daya penggerak daripada sumber dan alat yang tersedia bagi suatu pemimpin harus mempunyai sifat yang baik dapat dijadikan contoh dalam lingkungan Sekolah pada saat pembuatan rencana pembelajaran lengkap dengan metode dan media yang digunakan sesuai keadaan siswa dan saran prasarana yang ada di Sekolah Dasar Negeri 127 Moncongloe.

Dalam melaksanakan proses belajar mengajar Kepala Sekolah H. Muh. Amin Nur memilih Kurikulum 2013 dan rangkuman materi telah selesai dilaksanakan. Pemahaman masing – masing instruktur, Guru inti dan Guru sasaran tidak semuanya sama. Beberapa persepsi yang berbeda mengalir di Sekolah dan kondisi ini banyak menimbukan beberapa pertanyaan yang tidak bertepi dan dapat menjadi resistensi berkelanjutan terhadap implementasi kurikulum 2013.

Dalam kesempatan ini Kepala Sekolah H. Muh. Amin Nur mencoba membuat resume atas beberapa pertanyaan yang berkembang selama ini yang mana Kepala Sekolah mulai memberikan gambaran konsep inti Kurikulum 2013 diantaranya proses pembelajaran menyentuh tiga ranah yaitu, sikap, pengetahuan dan keterampian dan hasil belajar dapat melahirkan peserta disdik yang produktif, kreatif, inovatif dan efektif melalui penguatan sikap keterampilan dan pengetahuan  yang terintegrasi.

Maka yang perlu digarap sekolah sekarang mengubah paradigma Guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan mata pelajaran mulai melakukan perubahan pada silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimpelmentasikan dalam pembelajaran di kelas. Jadi, peran dari Kepala Sekolah adalah memberi contoh dan bertindak langsung kelapangan, tidak hanya memerintah saja. (HH).

 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY