Ormas Hizbut Tahrir Indonesia Dibubarkan ?

Ormas Hizbut Tahrir Indonesia Dibubarkan ?

219
0
SHARE

Jakarta, (WN) – Pemerintah Republik Indonesia secara resmi menyatakan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dari daftar organisasi kemasyarakatan (ormas) tanah air.

Pasalnya, ormas tersebut terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD negara republik Indonesia tahun 1945, sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 17 tahun 2013 tentang ormas.

“Aktifitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat serta membahayakan keutuhan NKRI,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dalam keterangan pers, di Jakarta, Senin (8/5/2017).

Menurut Wiranto, dalam proses pembubaran HTI itu pemerintah secara penuh melakukannya sesuai prosedur hukum dan selanjutnya akan dilanjutkan kepada tingkat pengadilan.

“Kita membubarkan tentu melalui langkah-langkah hukum dan berdasarkan hukum. Oleh karena itu, nanti akan ada proses pengajuan kepada satu lembaga peradilan jadi fair (adil).

Pemerintah tidak sewenang-wenang tetapi tetap bertumpu pada hukum yang berlaku di Indonesia. Tetapi pasti langkah itu harus dilakukan, semata-mata agar kita mencegah berbagai embrio yang dapat berkembang dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Wiranto.

Wiranto menegaskan keputusan pemerintah yang akan membubarkan HTI berdasarkan instruksi Presiden, yang menyatakan perlu dilakukan pengkajian mendalam terhadap ormas yang secara nyata berseberangan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara. (Hermanto)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY