Medan Surganya Wisatawan

Medan Surganya Wisatawan

477
0
SHARE

Kota Medan adalah salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, tepatnya nomor tiga di Indonesia setelah Jakarta dan  Surabaya. Medan dihuni berbagai macam etnis dengan kebudayaan yang berbeda-beda. Kota Medan tidak jauh berbeda dengan Jakarta atau Surabaya, terutama di segi demografinya yang heterogen. Kondisi infrastruktur yang semakin hari semakin modern memberi kontribusi yang signifikan terhadap kehidupan wisata Medan secara holistik.

Daya tarik kota Medan juga terdapat pada lapisan masyarakatnya yang heterogen. Anda dapat menjumpai beberapa bangunan besar dan megah di Medan yang menyimpan makna akan warisan sejarah serta nilai religi yang mulia. Anda dapat menjumpai tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba di pulau ini. Ada berbagai macam peninggalan kebudayaan masa lampau masyarakat Batak di Pulau Samosir, di antaranya kuburan batu dan desa tradisional selain juga desain arsitektur bangunannya yang unik.

Dilansir dari data BPS tentang jumlah kunjungan wisatawan asing yang datang ke Sumatera Utara, pada tahun 2013 bandara Kualanamo atau Polonia mencatatkan angka sebanyak 225 ribu kunjungan turis asing. Pesona tempat wisata medan  terletak pada sejumlah landmark yang sarat akan nilai sejarah. Medan adalah ibukota provinsi Sumatera Utara, sebuah kawasan yang memiliki warisan alam paling memikat hingga ke mancanegara, yakni wisata Danau Toba.

22 222

Secara administratif, kawasan Danau Toba terbentang pada tujuh kabupaten yang ada di Sumatera Utara, yakni Samosir, Toba Samosir, Simalungun,Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tanah Karo, dan Dairi. Hal ini disebabkan panjang danau yang mencapai hingga 100 km dengan lebar sebesar 30 km. Danau Toba memiliki kedalaman maksimal mencapai 529 meter dengan luas danau sebesar 1.130 kilometer persegi.

Danau Toba ini adalah sebuah danau vulkanis yang terbentuk akibat letusan gunung tua ribuan abad lampau, merupakan danau terbesar di Indonesia dan nomor dua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba adalah pula ikon tempat wisata di Sumatera Utara bersama dengan sejumlah landmark menawan lainnya.

Panorama alam Danau Toba adalah satu yang paling memikat dari tanah Sumatera Utara dengan suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan memesona pegunungan hijau. Anda dapat menikmatinya dari berbagai spot yang ada di kawasan wisata tersebut. Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau yang tak lain adalah ikon kepariwisataan Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika ini adalah dari kota Parapat. Sebab, kota Parapat ini berada pada semenanjung yang menonjol ke danau. Anda dapat menikmati pemandangan danau dengan menyewa sepeda untuk berkeliling di sepanjang pinggiran danau, ini adalah kegiatan yang menyenangkan di sana. Selain itu, berenang, olahraga air, hingga berkeliling dengan boat juga dapat Anda lakukan di sana. Jangan khawatir, terdapat banyak hotel, penginapan, hingga guesthouse di tempat wisata Sumatera Utara yang satu ini. (Harian Warta Nasional)

33 kereta-gantung

 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY