LPM Desa Cikadu Tuntaskan Program Rutilahu

LPM Desa Cikadu Tuntaskan Program Rutilahu

229
0
SHARE

PURWAKARTA, (WN) – Program bantuan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Cikadu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta disambut antusias warga masyarakat penerima bantuan. Sebanyak 20 unit rumah tidak layak huni di desa tersebut diperbaiki pihak pemerintahan desa dengan melibatkan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) selaku pengelola kegiatan di lapangan.

Ketika ditemui Harian Warta Nasional di Kantor Desa Cikadu belum lama ini, Ketua LPM Desa Cikadu, Surman mengatakan bahwa sumber anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan perbaikan Rutilahu tersebut berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebesar Rp. 200 juta untuk 20 unit rumah. Tiap rumah yang tidak layak huni mendapat bantuan perbaikan sebesar Rp. 10 juta.

“Alhamdulillah saat ini pelaksanaannya sudah rampung 100 persen. Sebanyak 20 unit rumah tersebut tersebar di 9 RT. Dengan perincian, 2 unit di RT.02, 3 unit di RT.04, 3 unit di RT.05, 4 unit di RT.06, 4 unit di RT.12, dan masing-masing 1 unit di RT.07, RT.08, RT.10, RT.11,” ujar Surman.

Lebih lanjut menurut Surman, dengan direalisasikannya bantuan Rutilahu tersebut pihaknya sangat berterimakasih kepada pemerintah atas bantuan kepada masyarakat kurang mampu di desanya. “Terkait bantuan yang diterima saat ini, walaupun tidak semua warga miskin mendapatkanya, namun kami tetap akan berupaya mengajukan untuk bantuan selanjutnya,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Wasid, salah seorang tokoh masyarakat setempat. Menurutnya, bantuan Rutilahu di desanya sudah dilaksanakan dengan baik, walaupun masih belum maksimal mengingat masih banyak masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkannya.

“Sambutan warga yang mendapat bantuan Rutilahu sungguh sangat menggembirakan. Mereka sangat antusias sekali. Untuk itu, atas nama masyarakat yang ada di Desa Cikadu ini kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas bantuan yang diberikan,” kata Wasid.

Ditemui secara terpisah di ruang kerjanya, Kepala Desa Cikadu Deddy Sujana menerangkan, berkat do’a seluruh warga masyarakat akhirnya bantuan program Rutilahu ini dapat terealisasi. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu memperbaiki rumah warga masyarakat yang tidak layak menjadi lebih layak untuk dihuni.

Deddy menandaskan, kendati sudah terealisasi sebanyak 20 unit, akan tetapi pihaknya masih tetap membutuhkan bantuan untuk tahap berikutnya. Karena sesuai pengajuan yang telah diusulkannya baik melalui pemerintah kabupaten (Pemkab) maupun Pemprov, jumlah seluruhnya mencapai 130 unit. Sisanya masih banyak sekitar 110 unit lagi.

“Jadi kami berharap kepada pemerintah agar bantuan program Rutilahu ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di desa kami, sebab masih banyak warga masyarakat yang masih membutuhkan bantuan. Karena terus terang saja, program ini sangat menunjang dan sangat dibutuhkan oleh rumah tangga miskin,” terang Deddy pada Harian Warta Nasional, baru-baru ini.

Sementara itu, salah seorang warga masyarakat yang menerima bantuan, Ganda (68), terlihat sangat senang karena rumahnya bisa diperbaiki walaupun tidak total. Warga Kampung Bongas Kolot RT.04/02 Desa Cikadu ini menyatakan bahwa ia sesungguhnya telah menunggu lama adanya bantuan seperti ini. “Alhamdulillah berkat perjuangan segenap jajaran aparat pemerintahan desa, bantuan ini akhirnya bisa sampai kepada kami,” ucap Ganda dengan mimik wajah sumringah.(Nana Cakrana)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY