Kepala Desa Sauk Adalah Potret Buruknya Hukum Pemberantasan Korupsi di Tanah Air

Kepala Desa Sauk Adalah Potret Buruknya Hukum Pemberantasan Korupsi di Tanah Air

145
0
SHARE

BOLMONG INDUK, (WN) – Frans Maleo, Kepala Desa Sauk, (hukum tua) Bolmong Induk, yang terlibat tindak pidana korupsi sesuai dengan bukti Laporan Polisi : LP/30/II/2012/SULUT/RES/SEK, Tanggal 04 Pebruari 2012, adalah salah satu bukti buruknya rupa pemberantasan korupsi di aparat Kepolisian Resort Sulawesi Utara.

Kenapa tidak. Sejumlah LSM, tokoh masyarakat, dan warga sudah menyampaikan bukti bukti otentik atas keterlibatan Frans Maleo, Kepala Desa Sauk dalam berbagai indikasi tindak pidana, namun penanganannya di Polisi selalu molor dan tidak berjalan sejak tahun 2012 hingga memasuki akhir tahun 2014.

“Itulah potret buruknya hukum kita. Penuntasan penanganan proses hukum ditingkat desa lebih lama dari proses hukum ketimbang di Kementerian, Gubernur dan Bupati. Proses hukum kerugian negara triliunan bisa tuntas hanya dalam satu tahun. Namun penuntasan hukum Frans Maleo, Kepala Desa Sauk memakan waktu lebih dari dua tahun (2012 – 2014).

Waktu 2 tahun itupun masih belum jelas mau dibawah kemana kasus rana hukumnya tersebut. Yang jelas, kami sebagai masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan aparat hukum yang tidak professional dalam bekerja. Kami akan terus menyuarakan penegakan hukum sampai kapanpun, “ujar Ketua LSM Infasi, Ian kepada wartawan.

Berbagai bentuk pelanggaran hukum, termasuk tindak korupsi yang melibatkan Frans Maleo, Kepala Desa Sauk yang menjurus kepada pengajuan dana bantuan APBD 2011 – 2012 yang menjurus ke penyimpangan, dengan tanpa memperhatikan kebutuhan birokrasi Desa Sauk.

Akibat penyimpangan itu telah menimbulkan keresahan dilakangan masyaratat, Kepala Desa bahkan segaja menutup-nutupi penyimpangan yang terdapat disektor Desa Sauk. “Kami berharap kepada bupati serta Kapolres untuk menuntaskan penanganan Laporan Polisi supaya kasus tersebut bisa terang benderang, ujar ND, Ketua LSM setempat.

Hal yang sama juga disampaikan tokohy masyarakat lainnya, “sebagai masyarakat awam akan hukum mengharapkan kepolisian untuk menindak Kepala Desa tersebut demi untuk kemajuan di Desa Sauk Bolmong Induk (kf)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY