Kepala BKPD Cianjur Antisipai Rawan Pangan

Kepala BKPD Cianjur Antisipai Rawan Pangan

153
0
SHARE

CIANJUR, (WN) – Guna mengantisipasi krisis ketahanan pangan di Daerah Kabupaten Cianjur khusunya, Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Cianjur,H.Yanto Kartono galakan pola pangan harapan.

Tak hanya itu,melalui bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah propinsi Jawa Barat,pihaknya juga realisasikan bantuan lumbung cadangan pangan yang tersebar diempat belas kecamatan di Kabupaten Cianjur yang dikelola oleh tiap-tiap gabungan kelompok tani (Gapoktan).

Bahkan,pihaknya juga terus meningkatkan koordinasi dengan dinas-dinas terkait di Cianjur,antara lain,Dinas Pertanian,Disperindag,Dinkes,Dinas Peternakan,BPBD dan Bulog.

“Jadi pihak kami terus melakukan pengawasan,kajian,evaluasi dan koordinasi terkait kebutuhan pangan didaerah,terutama masalah gizi dan protein.Karena kedepan,besar kemungkinan lahan sawah akan terus berkurang akibat semakin banyaknya lahan penduduk dan bangunan lainnya.Seperti bangunan rumah,sekolah,tempat ibadah dan tempat-tempat usaha”ungkapnya,saat ditemui Warta Nasional ditempat kerjanya,kemarin.

Lanjut H.Yanto,otomatis dengan berkurangnya lahan pesawahan,ketersediaan panganpun akan menurun. “Jadi,kita ada usaha dilapangan untuk tidak mengandalkan pangan dengan beras saja.

Mungkin bisa dengan mengolah jagung,kedelai dan lain-lain sesuai dengan tingkat SDM masyarakatnya.Terus dalam waktu dekat ini,kita juga sedang melakukan pengawasan terhadap buah-buahan segar dengan melakukan uji lab.Dan hasil sementara yang dinyatakan aman adalah manggis,sementara itu,apel hasil lab nya kurang baik”tukasnya.(sesep)

 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY