Kejati Lampung Periksa Mantan Bupati Tulangbawang

Kejati Lampung Periksa Mantan Bupati Tulangbawang

156
0
SHARE

TULANGBAWANG, (WN) – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung memeriksa mantan Bupati Tulangbawang Abdurachman Sarbini terkait kasus hibah tanah, Selasa. Pria yang akrab disapa Mance itu diperiksa selama kurang lebih 3 jam sejak pukul 09.30 hingga 12.30 WIB.

Mance datang tanpa didampingi pengacara langsung menuju ruang penyidik bagian Pidana Khusus (pidsus) yang berada lantai dua. Penyidik mencecar Mance dengan 20 pertanyaan seputar tanah yang dihibahkan Pemkab Tulangbawang kepada PT Dwi Mitra Lampung. Terungkapnya soal tanah yang dihibahkan tersebut merupakan pengembangan dari perkara korupsi kredit macet BTN tahun 2009 senilai Rp 3 miliar.

Kepala Seksi (Kasi) Penuntutan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung, Azrijal yang juga tim penyidik dalam perkara tersebut, mengatakan, pemeriksaan terhadap Mance merupakan pengembangan dari kasus kredit macet BTN tahun 2009, dimana Mance dimintai keterangannya terkait kerjasama antara pemkab Tuba dengan PT Dwi Mitra Lampung pada tahun 2007.

Dalam pemeriksaan itu, kata Azrijal, Mance mengaku tidak mengetahui berita acara hibah tanah tersebut. Mance mengaku hanya mendapat laporan secara lisan dari Sekda yang saat itu dijabat oleh Darwis Fauzi.

“Tanah milik pemkab Tuba sekitar belasan hektar itu dihibahkan tahun 2009 yang ketika itu ditandatangani berita acara hibahnya oleh Sekda yang disaksikan oleh beberapa orang yakni Kabag hukum, Kabag Perekonomian Firmansyah, dan beberapa orang asisten,” terang Azrijal, Selasa (25/11).(Yus)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY