Kasus Korupsi Kredit Fiktif PDAM Tirtanadi Tidak Serius Ditangani

Kasus Korupsi Kredit Fiktif PDAM Tirtanadi Tidak Serius Ditangani

214
0
SHARE

MEDAN, (WN) – Kasus korupsi kredit fiktif PDAM Tirtanadi Sumut pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (BSM KCP) Jalan Iskandar Muda senilai Rp 30 millyar Tahun 2011 – 2012, sampai saat ini belum juga ditangani oleh penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Medan.

 

Terbukti, penyidik belum menahan para tersangka, dan masih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut yang tak kunjung keluar.

 

Kejari Medan telah menetapkan 7 tersangka dalam kasus ini, yakni : Ketua Koperasi PDAM Tirtanadi Subdarkan Siregar, Kasi Pembukuan Suyamto, dan 5 tersangka lainnya Yakni : Rudi Purwanto selaku Kepala BSM KCP Iskandar Muda, Adri Prasetyo selaku Marketing Support BSM, Bayu Yoga Wardana Selaku Asisten Marketing, Adi Wardiastuti Selaku Bendahara Koperasi PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara dan Eko Prasetyo Selaku Kasi Simpan Pinjam, sampai sekarang belum juga ditangkap.

 

Menurut Imformasi yang didapat wartawan, dari 7 tersangka, salah satunya sudah ditahan dan sedang menjalani persidangan dalam kasus yang berbeda. Dia adalah Subdarkan Siregar yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi dana rekenig Air PDAM Tirtanadi.

 

Tersangka memalsukan tanda tangan dan mengeluarkan 44 Nomor Induk Karyawan ( NIK ) palsu, untuk mengajukan permohonan Kredit ke Bank Syariah Mandiri Tahun 2012, dan semuanya dibuat seperti Karyawan PDAM Tirtanadi dengan bukti NIK, padahal tidak semuanya karyawan masuk Koperasi, sementara pihak bank, sampai saat ini tidak pernah bertemu dengan pemohon atau sebagai Debitur yang dimaksudkan tersebut. ( ***/ Toni )

 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY