Ini Pesan Jokowi untuk Basuki Soal Kisruh APBD DKI 2015

Ini Pesan Jokowi untuk Basuki Soal Kisruh APBD DKI 2015

250
0
SHARE

JAKARTA, (WN) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali datang ke Balai Kota untuk memeriksakan kesehatan giginya, Jumat (13/3). Menanggapi kisruh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015 antara Pemprov DKI Jakarta dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Jokowi berharap permasalahan tersebut segera selesai.

“Semakin cepat selesai semakin baik. Ya, pakailah APBD yang benar,” ujar Jokowi di Balai Kota, Jumat (13/3).

Saat ditanya, dokumen APBD mana yang benar, Jokowi justru tidak menjawab secara langsung. Menurutnya, sudah jelas dokumen APBD yang benar yang mana sehingga ia pun tidak perlu berbicara lebih banyak lagi.

“Yang benar (dokumen APBD), nggak usah saya ngomong juga sudah jelas,” tegasnya.

Selain itu, Jokowi juga menjelaskan soal sistem e-budgeting yang digunakan Pemprov DKI untuk menyusun APBD 2015. Dalam prosesnya, jelasnya, ada pembahasan yang dilakukan. Pasalnya, dengan e-budgeting, yang dilakukan adalah sistem transparansi dan keterbukaan.

“Sistemnya bagus bisa di-lock kalau ada barang yang tidak benar masuk. Saya mau tanya, bisa ngecek tidak 57.000 item? Tanya Pak Ahok, nggak bisa. Artinya ngontrolnya sulit. Sistemlah yang mengontrol,” terangnya.

Jokowi mengatakan, sejak dirinya menjadi gubernur, DKI memang berencana akan menerapkan sistem e-budgeting di penganggaran. Namun hal tersebut belum berhasil dan ditangan Basuki barulah sistem ini diterapkan dan berjalan dengan baik.

Terkait dengan hak angket yang dilayangkan kepada Basuki pun, diketahui Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memiliki suara yang paling banyak. Saat ditanya apakah Jokowi akan memback-up siapa, ia berkomentar bahwa dirinya hanya akan memback-up pihak yang benar. (SP/TIm)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY