Dinas Perikanan dan Kelautan Dipertanyakan

Dinas Perikanan dan Kelautan Dipertanyakan

176
0
SHARE

BANYUASIN, (WN) – Objek lelang Sungai Lebak Lebung merupakan penghasilan kecamatan Rantau Bayur yang setiap tahun menjadi Pendapatan Daerah Kab.Banyuasin,dari hasil lelang Lebak Lebung yang bernilai ratusan juta rupiah pertahun.

Sungai Majopani yang setiap tahun menjadi objek lelang Desa Lebung, Kec.Rantau Bayur,kini menjadi permasalahan ditenganh masyarakat terutama Desa Lebung, Kec Rantau Bayur. Dikarenakan Dinas Perikanan dan Kelautan, Kab.Banyuasin sudah terlalu jauh mengatur lelang sungai Majopani sehingga tanpa koordinasi lagi dengan Camat Rantau Bayur dan KEPALA DESA LEBUNG sehingga lelang dua desa,Desa Lubuk Rengas dan Desa Lebung menjadi sengketa.

Menurut salah seorang pengemin lelang Nangcik (48) merupakan pemenang lelang dari Desa Lebung mengatakan, pada tgl 24/12/2014 kecamatan Rantau Bayur sudah menyelenggarakan lelang Lebak Lebung dihalaman kentor Camat Rantau Bayur, Kab.Banyuasin secara terbuka umum.

Bahkan disaksikan oleh camat Rantau Bayur Firmansyah, Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Desa Lebung H.Dencik bin H.Unus dan pihak kepolisian (Polsek Rantau Bayur) serta masyarakat di 21 Desa sekecamatan Rantau Bayur.

Masalahnya Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.Banyuasin melelang kembali sungai Majopani (milik desa lebung) yang sudah dilelang di kecamatan Rantau Bayur.yang disayangkan, kenapa Dinas Perikanan dan Kelautan tanpa koordinasi lagi dengan pihak kecamatan dan Desa Lebung yang memiliki opjek sungai Majopani, skibatnya kini menjadi kisru diantara dua desa,desa lebung dan Lubuk rengas.

Kepala Desa Lebung, Dencik bin H.Unus mengatakan, kalau desanya sudah melelang sungai Majopani secara terbuka di Kecamatan Rantau Bayur dan dimenangkan oleh Nangcig bin M,amin sudah di sahkan oleh Camat.Rantau Bayur H.Firmansya, Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.Banyuasin.

Namun kenyataanya sekarang Dinas Perikanan dan Kelautan melelangnya kembali di DESA LUBUK RENGAS tgl 19/1/2015 dikhawatirkan akan menjadi masalah besar antara Desa Lubuk Rengas dan Desa Lebung bukan tidak mungkin akan menjadi pertumpahan darah antara dua desa ini, jelasnya.

Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.Banyuasin melalui Wakil Ketua Pengawas Lelang Ir.Mirza Nopiar.mengatakan, bahwa Dinas Perikanan dan Kelautan Melelang Sungai Majopani,pada 19/12/2014 di Desa Lubuk Rengas seharga Rp.11.000.000.

Menurut Mirza Nopiar, Dinas Perikanan dan Kelautan Melelang sungai tersebut berdasarkan keputusan Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian,SH masalah tapal batas NO.558 tahun 2014.maka kami berani melelangnya.

Camat Rantau Bayur H,Firmansyah,SE,Msi mengatakan, hal tersebut sangat disayangkan dikarenakan tanpa ada koordinasi lagi dengan kecamatan. “Kami mengakui lelang di kecamatan itu adalah SAH dikarenakan tidak mungkin satu sungai ada dua pemenang.kami khawatir akan timbul masalah baru diantara dua desa (Desa Lebung dan Lubuk Rengas) saat ini kami belum mengetahui pasti masalah tapal batas tersebut pungkasnya.(Efri)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY