Dinas Kesehatan Memberikan Informasi Pembangunan Kesehatan ke Publik

Dinas Kesehatan Memberikan Informasi Pembangunan Kesehatan ke Publik

147
0
SHARE

BANTEN, (WN) – Dalam menjalankan program pembangunan, Dinas Kesehatan Provinsi Banten telah mengadakan sosialisasi informasi pembangunan kesehatan di Hotel Bidakara Ratu di Kota Serang. Adapun peserta yang hadir diantara nya 52 para awak media, 22 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), 4 Satuan Kerja Pemerintah Daerah diantara nya PPID, KPID, Biro Hukum, dan Kesatuan Badan Politik (Kesbangpol), dan 22 orang dari Dinas Kesehatan Prov.Banten.

H.Agus Tarmidi selaku Ketua Panita mengatakan, sesuai dengan Visi dan Misi dari Pemerintah Provinsi Banten, “Bersatu Mewujudkan Rakyat Banten Sejahtera Berlandaskan Iman dan Taqwa”. Visi ini Pemerintah Prov.Banten ada 7 yang di prioritaskan dalam pembangunan Provinsi Banten meliputi, pemantapan kualitas sumber daya manusia, yang mana tujuannya untuk membentuk sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan agamis dan berdaya saing.

Dengan di adakannya sosialisasi ini kami selaku pelaksana kegiatan dapat memberikan informasi ke public secara terbuka melalui media masa, ke Ormas yang ada di Wilayah Prov.Banten, sehingga masyarakat Banten akan mengetahui kegiatan dan program yang ada di Dinas Kesehatan Prov.Banten.

Kami pun punya strategi utama yang ada di Dinas Kesehatan Prov.Banten seperti hal nya, program bina gizi dan kesehatan ibu dan anak, program pembinaan upaya kesehatan, program pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan, dan program kefarmasian juga pembekalan kesehatan, program pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan, serta program peningkatan mutu layanan masyarakat. Ungkap Agus

Agus menambahkan, saat ini kondisi pembangunan kesehatan di Prov.Banten khususnya, dalam indicator pencapaian MDGS masih perlu ada nya percepatan angka kematian ibu, hasil data pada tahun 2012 sebanyak 359 per 100.000 kelahiran yang hidup, untuk itu target pada tahun 2014 ini 118 per 100.000 kelahiran hidup menurut SDKI tahun 2012.

Untuk itu pihak kami mempunyai tantangan yang sangat besar untuk menurunkan angka kematian ibu, ini benar-benar harus di sikapi dengan komitmen kuat di semua tingkat administrasi dengan upaya intensif, dengan adanya program puskesmas mampu layanan pelayanan obstetric dan neonatal emergency dasar. Ungkap nya

Drg.Sigit Wardojo, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Prov.Banten mengatakan, program kegiatan ini sangat lah penting sekali, dengan ada nya Informasi Public dalam keterbukaan memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Prov.Banten.

Saat ini pihak kami akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk mutu pelayanan kesehatan, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, kondisi di Prov.Banten sekitar 15 % dari seluruh puskesmas yang tidak ada tenaga dokter nya, tenaga spesialis di bidang kebidanan, kandungan dan spesialis anak.

Maka dalam hal ini tentunya pihak Dinas Kesehatan Prov.Banten akan memberikan sarana dan prasarana juga peralatan puskesmas yang ada di wilayah Prov.Banten, tentu nya hal ini harus koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten / Kota Prov.Banten. Saya selaku Kepala Dinas Kesehatan Prov.Banten mengharapkan pembangunan kesehatan di daerah dapat sejalan dan strategis dalam pencapaian prioritas Nasional di bidang kesehatan. Unkap nya

Drg.Sigit menambahkan, dalam program pembangunan kesehatan ini dapat mempercepat secara sungguh-sungguh, sehingga semua kebijakan sasaran MDGS tercapai tepat waktu, juga memperkuat promotif-preventif dalam rangka peningkatan upaya kesehatan dan akses dalam pelayanan kepada masyarakat.

Menyukseskan pelaksanaan jaminan kesehatan Nasional, Dari kegiatan ini tentu nya dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan kedepan, seluruh stakeholder bersama masyarakat wajib berperan aktif mendukung upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat untuk hidup sehat. Ungkap nya (NENG)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY