Demi Upeti, Bangunan Tanpa IMB Dilindungi Wasdal Dinas Ciptakarya

Demi Upeti, Bangunan Tanpa IMB Dilindungi Wasdal Dinas Ciptakarya

142
0
SHARE

TANGERANG, (WN) – Lemahnya pengawasan dan penindakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang melalui Bidang Wasdal Dinas Ciptakarya terhadap bangunan yang melanggar Perda Nomor 10 tahun 2006 membuat para pemilik bangunan tidak mau lagi untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), hal itulah yang terjadi saat ini.

Karena kelalaian itu pulalah yang menimbulkan kesempatan oknum Wasdal Dinas Ciptakarya untuk memanfaatkan situasi mengumpulkan uang pundi – pundi dari para pemilik bangunan untuk pribadinya dengan mengabaikan peraturan perundangan yang berlaku.

Hasil pantuan Harian Warta Nasional, bangunan yang tidak mengantongi IMB sudah dibiarkan begitu saja tanpa tindakan, seperti yang terjadi dengan bangunan milik Gun (PT. GAM) yang berlokasi di Jalan Parigi/Sukabakti, Kecamatan Curug, karena diduga sudah main mata dengan oknum Wasdal Dinas Cipta Karya.

Keadaan serupa kembali ditemukan, bangunan milik orang yang sama dan dilokasi yang sama pula (hanya berjarak kira kira 100 meter), bangunan baru tersebut jelas jelas belum memiliki ijin (IMB) namun sudah dilakukan pembangunan, juga tidak ditindak.

Ketika pemilik hendak diminta konfirmasi terkait permasalahan tersebut, yang bersangkutan tidak berada di tempat, lantas salah seorang pengawas bangunan menjelaskan bahwa perijinannya sedang dalam proses sembari menunjukkan copy ijin pemanfaatan ruang (IPR).

Namun setelah mengamati IPR terindikasi terdapat pelanggaran peruntukan, sebab dalam IPR peruntukan bangunan tercantum jenis : RUKO, sementara fakta dilapangan fisik bangunan adalah : RUKO dan GUDANG.

Ketika perbedaan tersebut dipertanyakan, pengawas bangunan menjawab “silahkan tanyakan langsung kepada Sdr. A (red.) di Pemda” tandasnya.

Diduga kuat pemilik bangunan ada main mata dengan oknum tertentu dan memanfaatkan situasi untuk maksud dan tujuan kepentingan pribadi, sehingga berdampak berkurangnya Penerimaan Daerah dari hasil Retribusi IMB, hal ini tentu menyebabkan kerugian bagi Pemerintahan Daerah Kabupaten Tangerang. (Ram)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY