Calon Wakil Wali Kota Bandung Tinggal di Hotel Prodeo

Calon Wakil Wali Kota Bandung Tinggal di Hotel Prodeo

256
0
SHARE

BANDUNG, (WN) – Kejaksaan Negeri Bandung menjebloskan Wakil Sekretaris Pengadilan Negeri Bandung Alex Tachsin Ibrahim ke Rumah Tahanan Kebon Waru Bandung, Selasa, 21 April 2015. Alex merupakan tersangka kasus dugaan korupsi penggantian tanah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 22 Bandung. Kandidat calon wakil wali kota pada pemilihan wali kota Bandung tahun 2013 ini diduga menerima gratifikasi senilai Rp 400 juta.

Setelah hampir empat jam diperiksa oleh penyidik Kejari Bandung, Alex keluar ruang penyidik menggunakan pintu belakang untuk mengelabui para wartawan yang sudah menunggu sejak awal proses pemeriksaan di kantor Kejaksaan Negeri Bandung. Selain itu, proses pemeriksaan pun berjalan cukup alot.

“Akhirnya dia (Alex) kooperatif menandatangani surat penahanan,” ujar Kepala Seksi Pidana khusus Kejari Bandung Rinaldi Umar seusai pemeriksaan, Senin, 21 April 2015.

Kendati demikian, Rinaldi tidak bisa menjelaskan apa yang menjadi dasar penahanan Alex. Ia mengatakan proses penyidikan tidak bisa dibuka secara transparan kepada pihak lain.

“Kalau masalah penahan alasannya obyektif dan subyektif. Penahan sudah diputuskan bersama. Tidak mungkin penyidikan itu dibuka secara transparan kepada pihak lain, kecuali di pengadilan,” ujar dia.

Selain Alex, dalam kasus ini Kejari Bandung pun menetapkan Didi Rismunadi, mantan pejabat di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung sebagai tersangka. Didi–yang kini telah ditahan di Rumah Tahanan Kebon Waru–berperan sebagai pihak yang menandatangani surat pencairan anggaran proyek penggantian lahan untuk pembangunan SMAN 22 Bandung. Kerugian negara dalam kasus ini ditaksir senilai Rp 7 miliar.

Sementara itu, Heri Gunawan, kuasa hukum Alex Tachsin, mengatakan keberatan atas penahanan kliennya tersebut. Menurut dia, kasus yang menimpa Alex belum tergambar secara jelas. “Kami keberatan atas penahanan ini. Klien kami melawan hukumnya di mana? Kami akan upayakan langkah-langkah selanjutnya besok,” ujar Heri. (SITORUS)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY