Bursa Calon Koordinator BPP Cibatu Mulai Memanas

Bursa Calon Koordinator BPP Cibatu Mulai Memanas

184
0
SHARE

PURWAKARTA, (WN) – Bursa calon Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cibatu saat ini mulai memanas menyusul akan berakhirnya kepemimpinan pejabat lama, Hj. Euis, yang akan memasuki masa pensiun sekitar bulan Oktober 2015 mendatang.

Kendati pergantiannya terbilang masih cukup lama, sekitar 7 bulanan lagi, namun saat ini mulai muncul rumor seputar adanya beberapa pihak di internal Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Purwakarta yang sudah mulai kasak-kusuk merekomendasikan seseorang atau menitipkan orang terdekatnya kepada pejabat yang berwenang di dinas tersebut untuk diposisikan menjadi Koordinator BPP Kecamatan Cibatu.

“Menjelang berakhirnya kepemimpinan Bu Hj. Euis, saat ini di internal dinas sudah mulai terdengar selentingan mengenai adanya pihak-pihak tertentu yang mulai kasak-kusuk merekomendasikan seseorang atau menitipkan orang terdekatnya untuk diposisikan menjadi Koordinator BPP di Kecamatan Cibatu,” ungkap sumber di lingkungan Distanhutbun Kabupaten Purwakarta yang mewanti-wanti agar namanya tidak disebutkan, pada Harian Warta Nasional, baru-baru ini.

Sementara itu tersiar kabar juga di wilayah Kecamatan Cibatu mengenai akan adanya upaya penolakan dari beberapa pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) maupun pengurus Kelompok Tani (Poktan) jika pihak dinas menempatkan pejabat baru selain Sarwin. Mereka umumnya menginginkan Sarwin sebagai pengganti Hj. Euis selaku koordinator di wilayahnya, bukan yang lain. Karena menurut mereka, Sarwin itu merupakan PPL senior yang sudah tidak diragukan lagi kinerjanya dalam membina para petani.

“Loyalitas dan dedikasi Pak Sarwin sudah tidak diragukan lagi di sini. Sepanjang yang saya amati, beliau itu lebih banyak menghabiskan waktunya di lapangan daripada di kantor. Pak Sarwin itu orangnya luwes, sangat telaten membina petani, dan tidak arogan. Dan yang terpenting menurut saya, beliau itu asli putra daerah Cibatu.

Mau pemimpin yang bagaimana lagi, segalanya ada pada diri Pak Sarwin. Wilayah kerjanya di sini, rumahnya juga tidak jauh dengan kami. Jadi kami bisa lebih mudah menjalin komunikasi jika di lapangan terjadi kendala. Kami turut mendo’akan beliau semoga ditunjuk oleh dinas untuk menjadi koordinator di BPP Kecamatan Cibatu karena terus terang saja kami sangat membutuhkan figur pemimpin seperti beliau,” cetus Kamil, Ketua Poktan Budaya Mekar 2 Desa Cipancur, Kecamatan Cibatu, ketika ditemui Harian Warta Nasional di rumahnya, belum lama ini.

“Saya juga mendengar Pak Sarwin itu sangat dekat dengan wartawan dan pengurus LSM di Purwakarta. Menurut saya kedekatan Pak Sarwin dengan wartawan dan LSM merupakan hal yang sangat baik, karena setidaknya bisa menjembatani atau menengahi jika terjadi miskomunikasi antara para petani dengan mereka, disamping untuk keperluan ekspos di media.

Pokoknya selain dipimpin oleh Pak Sarwin saya akan menolaknya. Kalau perlu kami akan membuat pernyataan sikap untuk masalah ini,” tandas salah seorang pengurus Gapoktan di wilayah Kecamatan Cibatu yang tidak bersedia disebutkan namanya.(Nana Cakrana)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY