Aksi Unjukrasa Peduli Bayi Debora di Depok Bentuk Luka Hati Rakyat

Aksi Unjukrasa Peduli Bayi Debora di Depok Bentuk Luka Hati Rakyat

1265
0
SHARE
Rumah Sakit Mitra Keluarga di demi Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok hari ini.

Jakarta, (WN) – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Djuwita Farid Moeloek terus mendapat kecaman dari berbagai kalangan masyarakat, baik dari pihak keluarga pasien, anggota DPR, DPRD DKI Jakarta, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), LSM dan Tokoh Masyarakat.

Mereka menilai Menkes telah melukai hati masyarakat dengan membela Rumah Sakit Mitra Keluarga dengan hanya memberikan sanksi berupa teguran tertulis nomor UM/01.05/Menkes/395/2017.

“Sekarang sudah mulai ramai aksi unjukrasa di berbagai daerah atas sikap Menkes yang telah membela rumah sakit Mitra Keluarga. Rakyat sudah tidak percaya lagi terhadap Menkes,” ujar Ketua LSM Kobar Eddy, Jumat (15/9/2017).

Kata Eddy, sikap Menkes itu dengan hanya memberikan sanksi administrasi seperti buang badan, buang tanggungjawab dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota Komisi IX Fraksi Nasdem, Irma Suryani Chaniago. Menurut Irma, Menteri Kesehatan seakan “buang badan” dengan menyerahkan kasus bayi Debora kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Menkes sangat melukai perasaan rakyat dengan tidak adanya tindakan selama ini terhadap Rumah-rumah Sakit yang sering menolak pasien,” ujar Irma.

AKSI UNJUKRASA

Sejumlah masyarakat diantaranya Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok melakukan aksi unjukrasa di depan RS Mitra Keluarga.

Mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan, “Aksi Damai Peduli Debora, Stop Penolakan Terhadap Pasien Miskin di Rumah Sakit”.

“Kami melihat negara tidak mengambil tindakan saat pasien miskin seperti bayi Debora meninggal, tidak ada pembelaan dari negara sudah sangat memilukan,” ujar salah seorang pengunjukrasa.

Pemerintah masih membiarkan rumah sakit Mitra Keluarga lebih memikirkan bisnis-nya ketimbang keselamatan pasien. Pemerintah harus berani menutup rumah sakit yang tidak berpihak pada rakyat, ujarnya. (Wilson)

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY